KPK akan dihancurkan luar dalam, masyarakat diminta merapat

Tsani mengatakan periode pimpinan KPK jilid IV merupakan masa yang paling sulit.

Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Anti Korupsi Yogyakarta melakukan unjuk rasa di depan kantor DPRD DIY, DI Yogyakarta. Antara Foto

Sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus se-Jabodetabek menggelar aksi unjuk rasa di depan lobi Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Aksi mereka sebagai upaya untuk mendukung lembaga antirasuah yang saat ini kondisinya tengah berada di ujung tanduk.

Adapun mahasiswa tersebut terdiri atas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Trisakti, Universitas Negeri Jakarta, hingga Universitas Gadjah Mada. Tak hanya mahasiswa, aksi itu piun akhirnya direspons pegawai KPK yang juga turut serta dalam aksi.

Dewan Penasihat KPK, Mohammad Tsani Annafari, dalam orasinya mengatakan, periode pimpinan KPK jilid IV atau saat ini merupakan masa yang paling sulit. Sebab, dia menilai upaya pelemahan KPK terjadi di dua sisi. 

"Pertama secara kelembagaan, melalui revisi UU KPK lembaga kita dilemahkan, kemudian juga tata kelola organisasi ini dilemahkan dengan cara yang sangat sistematis," kata Tsani dalam orasinya di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (12/9).

Di samping itu, lanjut Tsani, upaya pelemahan KPK juga terjadi karena adanya capim KPK yang mempunyai rekam jejak buruk. Tidak dipungkiri, kata Tsani, KPK akan dihancurkan dari luar dan dalam.