KPK sudah serahkan rekaman CCTV buku merah ke Polri

Misteri buku merah yang disebut-sebut menyimpan bukti transaksi suap untuk petinggi Polri masih berlanjut.

Misteri buku merah yang disebut-sebut menyimpan bukti transaksi suap untuk petinggi Polri masih berlanjut. / Indonesialeaks

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku sudah menyerahkan rekaman closed circuit television (CCTV) ke Polda Metro Jaya terkait kasus kasus perintangan penyidikan atau obstruction of justice dua penyidik KPK atas dugaan perusakan barang bukti buku merah.

Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah mengaku, Direktorat Pengawasan Internal KPK sudah menyerahkan salinan CCTV kepada Polda Metro Jaya guna kebutuhan pemeriksaan terkait obstruction of justice dua penyidik KPK.

"Tadi saya cek juga ke bagian pemeriksaan internal, salinan CCTV itu juga sudah pernah disampaikan sebelumnya ke pihak Polri. Jadi ada dokumen yang disita Berdasarkan Penetapan pengadilan dan juga salinan CCTV," kata Febri, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (18/10).

Namun demikian, Febri mengaku tidak mengatahui isi dari rekaman CCTV tersebut. Pasalnya, rekaman itu menjadi bagian dari proses penyidikan yang tengah ditangani oleh Polri.

Terkait perkembangan penanganan perkara tersebut, Febri mengaku, KPK belum sama sekali mendapat informasi dari pihak Polda Metro Jaya yang mengusut kasus tersebut.