Kronologi detik-detik gempa tsunami di Donggala dan Palu

Gempa bumi 7,7 skala richter yang mengguncang Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, mengakibatkan tsunami dan korban jiwa.

Gempa bumi 7,7 skala richter yang mengguncang Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, mengakibatkan tsunami dan korban jiwa. / Twitter

Gempa bumi 7,7 skala richter yang mengguncang Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, mengakibatkan tsunami dan korban jiwa.

Guncangan pertama terjadi pada Jumat (28/9) pukul 15.00 Wita di Kota Palu dengan magnitudo 5,9 pada skala richter. Sebelumnya, gempa juga mengguncang Palu pada 22 September 2018 dengan magnitudo 5,1 SR.

Getaran yang dirasakan beberapa detik itu berjarak sekitar 8 kilometer barat laut dari Donggala atau 60 kilometer utara Kota Palu dengan kedalaman 10 kilometer.

Tak lama berselang, gempa kembali mengguncang titik yang sama di Donggala dengan magnitudo 5 SR pada pukul 15.28 Wita. Satu jam kemudian, gempa kembali terjadi pada koordinat yang sama dengan magnitudo 5,3 SR.

Menjelang petang, tepatnya pada pukul 18.02 Wita, guncangan gempa besar terjadi di Donggala. Puncak gempa yang memporak-porandakan Donggala mencapai 7,7 SR. Namun, pusat gempa menjauh dengan jarak 27 kilometer timur laut Donggala.