Kunci Indonesia tetap kuat hadapi ancaman krisis global

Ekonomi Indonesia menjadi salah satu yang paling kuat di tengah situasi risiko global.

Ilustrasi Alinea.id/Bagus Priyo.

Pemerintah Indonesia optimistis perekonomian akan semakin bertumbuh pada 2022. Kunci untuk meujudkan itu adalah penanganan pandemi Covid-19.   

"Kita tidak boleh lengah. Kita sadar bahwa kunci pemulihan ekonomi itu pada penanganan pandemi. Sekarang pandemi terkendali. Tantangannya bagaimana Covid-19 tidak naik lagi," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Edy Priyono, Senin (13/6).

Bank Dunia melalui laporannya bertajuk Global Economic Prospect June 2022 menilai, ekonomi Indonesia menjadi salah satu yang paling kuat di tengah situasi risiko global. Bank Dunia memprediksi ekonomi Indonesia akan berada di level 5,1% pada 2022 atau hanya turun 0,1% dari proyeksi sebelumnya.

Padahal, negara-negara kuat seperti Amerika Serikat dan China mengalami revisi pertumbuhan ekomomi lebih besar, masing-masing 1,2% dan 0,8%. Pertumbuhan ekonomi Rusia diperkirakan terkontraksi 8,9% atau turun dari proyeksi sebelumnya sebesar 11,3%. 

Penilaian dari Bank Dunia tentu jadi kabar baik buat Indonesia. Tetapi di sisi lain adalah tantangan buat Indonesia bagaimana mewujudkan penilaian itu.