Kunjungan wisman tahun ini diyakini capai target

Target kunjungan wisman tahun ini sebesar 18 juta wisman untuk target tinggi, dan 16 juta wisman untuk target rendah.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakartan, Rabu (5/9)./Antara Foto

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengaku optimistis dapat memenuhi target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tahun ini. Ini disebabkan angka kunjungan wisman telah melampaui angka psikologis.

Target kunjungan wisman tahun ini sebesar 18 juta wisman untuk target tinggi, dan 16 juta wisman untuk target rendah. Sementara target tahun depan naik menjadi 18-20 juta wisman. 

Arief menjelaskan, pada Juli 2018 angka kunjungan wisman telah mencapai 1,5 juta wisatawan dalam satu bulan, melampaui angka psikologis. 

"Juli sebanyak 1,5 juta wisatawan jadi total sudah 9 juta wisman, kurang 7 juta lagi untuk memenuhi target tahun ini. Makin yakin karena ini angka psikologis pertama yang terlampaui," kata Menpar Arief Yahya di Jakarta, Jumat (7/9).

Menurutnya, jika jumlah kunjungan wisman bisa dipertahankan 1,5 juta perbulan sampai akhir tahun, maka target tahun ini dapat terlampaui. Bahkan target tahun depan pun dapat dipenuhi.