Jelang libur panjang, PT KAI imbau lakukan rapid test H-1 keberangkatan

Peserta rapid test mencapai 5000 peserta per hari jelang libur panjang.

Petugas melakukan pemeriksaan dokumen penumpang Kereta Api Luar Biasa KLB Gambir-Surabaya Pasarturi saat tiba di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (26/5)/Foto Antara/ Aprillio Akbar.

Terjadi kenaikan jumlah penumpang mencapai dua kali lipat jelang hari libur panjang pekan ini. Vice President Public Relations PT  Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus mengatakan, penumpang pada hari normal biasa mencapai 2.500 penumpang. Namun, jelang libur panjang ini melonjak mencapai 5000 penumpang.

"Menjelang libur long weekend kali ini terjadi kenaikan dua kali lipat jumlah peserta rapid test di stasiun, di mana biasanya 2.500 peserta perhari kini mencapai 5000 peserta per hari," kata Joni dalam keterangannya di Jakarta, Senin (26/10).

Untuk menghindari kepadatan rapid test di stasiun KA, Joni mengimbau masyakarat melakukan tes cepat Covid-tersebut pada H-1 atau sehari sebelum keberangkatan.

Menurutnya jika rapid test dilakukan pada hari keberangkatan, justru pelanggan akan terburu-buru karena diharuskan mengantre terlebih dahulu. Bahkan, dikhawatirkan pelanggan dapat terlambat dan tertinggal oleh keretanya yang sudah dipesan.

"Tujuannya untuk menghindari kepadatan antrean layanan rapid test dan potensi tertinggal KA," ujarnya.