LRT akan beroperasi tahun ini

Kementerian Perhubungan menargetkan LRT akan beroperasi tahun ini.

Gerbong LRT Jabodebek rute Cibubur-Cawang. Alinea.id/Soraya Novika

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan moda transportasi Light Rail Transit atau Lintas Raya Terpadu di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (LRT Jabodebek) bisa beroperasi 2022. Namun, ia belum menyebut secara spesifik, kapan waktu pasti moda transportasi baru ini bakal melayani masyarakat di DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Penggunaan LRT selain waktu tempuh yang lebih cepat, kepastian jadwal dan kenyamanan dalam LRT menjadi keunggulan yang diharapkan membuat masyarakat beralih ke transportasi umum," ujar Budi dalam sesi webinar, Kamis (12/5).

Budi mengatakan, wilayah Jabodetabek saat ini masih harus bergelut dengan isu kemacetan. Pasalnya, kebanyakan masyarakat masih terlalu bergantung untuk menggunakan kendaraan pribadi.

"Dengan adanya Integrasi antar moda yang baik, diharapkan semakin memudahkan masyarakat dalam menggunakan angkutan umum. Sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum," ucapnya.

Mengatasi situasi tersebut, ia menceritakan, pemerintah coba menyelesaikan masalah transportasi di Jabodetabek lewat pembangunan LRT Jabodebek yang sudah dimulai sejak periode awal masa pemerintahan Presiden Joko Widodo
(Jokowi).