sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

LRT akan beroperasi tahun ini

Kementerian Perhubungan menargetkan LRT akan beroperasi tahun ini.

 Hasbie Ibnu Harris
Hasbie Ibnu Harris Kamis, 12 Mei 2022 17:55 WIB
LRT akan beroperasi tahun ini

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan moda transportasi Light Rail Transit atau Lintas Raya Terpadu di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (LRT Jabodebek) bisa beroperasi 2022. Namun, ia belum menyebut secara spesifik, kapan waktu pasti moda transportasi baru ini bakal melayani masyarakat di DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Penggunaan LRT selain waktu tempuh yang lebih cepat, kepastian jadwal dan kenyamanan dalam LRT menjadi keunggulan yang diharapkan membuat masyarakat beralih ke transportasi umum," ujar Budi dalam sesi webinar, Kamis (12/5).

Budi mengatakan, wilayah Jabodetabek saat ini masih harus bergelut dengan isu kemacetan. Pasalnya, kebanyakan masyarakat masih terlalu bergantung untuk menggunakan kendaraan pribadi.

"Dengan adanya Integrasi antar moda yang baik, diharapkan semakin memudahkan masyarakat dalam menggunakan angkutan umum. Sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum," ucapnya.

Sponsored

Mengatasi situasi tersebut, ia menceritakan, pemerintah coba menyelesaikan masalah transportasi di Jabodetabek lewat pembangunan LRT Jabodebek yang sudah dimulai sejak periode awal masa pemerintahan Presiden Joko Widodo
(Jokowi).

Pada 2015, Presiden Jokowi telah melakukan ground breaking pembangunan LRT Jabodebek untuk menandai dimulainya pembangunan. Setelah beroperasi, total LRT Jabodebek akan memiliki panjang lintasan 44,43 km dan 18 titik stasiun pemberhentian, mulai dari Stasiun Jatimulya (Kabupaten Bekasi) sampai Stasiun Dukuh Atas (Kota Jakarta Selatan).

"Dalam rangka pembangunan proyek LRT Jabodebek, pemerintah memberikan dukungan fiskal melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada PT KAI dan juga melalui jaminan pemerintah atas pinjaman sindikasi bank," tuturnya.

Berita Lainnya