LSI Denny JA: Covid-19 di Indonesia tuntas 99% pada Juni 2020

Kondisi saat itu bukan berarti tak ada pasien positif terinfeksi corona, namun jumlahnya sudah sangat menurun. 

Anggota TNI AL mengawal kedatangan Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi anak buah kapal Kapal Pesiar MV Dream Explorer setibanya Pelabuhan JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (29/4/2020).Foto Antara/Nova Wahyudi

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memprediksi penyebaran Covid-19 di tanah air akan tuntas 99% pada Juni 2020. Namun, hal ini dapat terjadi jika berbagai protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah dipatuhi oleh seluruh masyarakat Indonesia, seperti  menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, tidak mudik, dan sebagainya.

Tuntas 99% kasus corona yang dimaksud, adalah saat tren penularan kasus baru menurun secara konsisten. Bukan berarti tak ada pasien positif terinfeksi corona, namun jumlahnya sudah sangat menurun. 

"Tercapainya level 99% untuk kasus Indonesia diperkirakan di bulan Juni 2020,” kata pendiri LSI Denny JA dalam pernyataan tertulis di Jakarta, Rabu (29/4).

Dia menjelaskan, puncak pandemik Covid-19 di Indonesia akan terjadi pada Mei 2020. Pada bulan selanjutnya, kasus penularan virus corona masih terjadi namun dengan jumlah yang telah menurun signifikan. 

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per Rabu (29/4), jumlah pasien positif Covid-19 di tanah air sebanyak 9.771 orang. Dari jumlah tersebut, terdapat 1.391 orang yang sembuh dan 784 meninggal.