Luhut berencana longgarkan sejumlah wilayah: Sudah mulai flat tuh!

Rencana pelonggaran wilayah tergantung perkembangan kasus Covid-19

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/ Foto Antara.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan berencana melonggarkan pembatasan di sejumlah daerah yang dinilai mulai mengalami tren penurunan kasus Covid-19.

"Dari data-data yang kita dapat juga, kelihatan Covid-19 di beberapa tempat sudah mulai flat tuh, jadi saya pikir sudah bisa tercapai (penurunan) tidak terlalu lama dari sekarang ini," ujar Luhut di sela acara penyerahan bantuan fasilitas kesehatan dari Bank DBS Indonesia di Jakarta, Kamis (14/5).

Sejumlah daerah yang dimaksud Luhut adalah Bali, Manado, hingga Yogyakarta yang tengah direncanakan untuk bisa dilonggarkan. Tujuannya, agar ekonomi bisa kembali menggeliat. 

Dia tak merinci lebih jauh tujuan pelonggaran tersebut. Namun, daerah-daerah yang disebutnya merupakan kawasan yang dikenal sebagai tujuan pariwisata.

"Kalau ini terjadi, kami juga sudah mulai merencanakan untuk mulai melonggarkan di beberapa tempat. Mungkin Bali, Manado, Yogyakarta, atau mungkin Batam, Bintan yang kasusnya sangat kecil," bebernya.