Luhut usul audit sumber dana setiap LSM di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengusulkan untuk audit sumber dana LSM.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Foto dokumentasi Menko Marves.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengusulkan untuk melakukan audit sumber dana setiap Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Indonesia. Hal ini terungkap dalam sidang pencemaran nama baik terhadap dirinya yang diduga dilakukan oleh Direktur Eksekutif Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti. 

Luhut mengatakan, inisiasi tersebut terpicu karena ada seorang duta besar (dubes) negara lain yang sempat bertanya soal tuduhan Haris Azhar kepada dirinya. Ia pun mengingatkan, supaya tidak ada urusan dalam negeri dicampuri oleh negara asing.

“Dan itu sebabnya Yang Mulia, saya mau audit, usulkan, itu semua LSM-LSM dapat dana dari mana,” katanya di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (8/6).

Baginya, pembahasan dengan dubes tersebut bukanlah hal yang lumrah. Ia pun terpikir untuk menelusuri setiap LSM yang menerima dana dari pihak asing. Sebab, penerimaan dana dari pihak asing dapat mengecilkan kedaulatan negara. Maka dari itu, LSM tersebut akan dicari lebih lanjut melalui audit sumber dana.

“Apalagi ke depan banyak LSM-LSM yang menggunakan dana-dana untuk yang tidak jelas. Saya pikir saya akan usulkan dilakukan upaya itu,” ujarnya.