Ma'ruf Amin ajak masyarakat dunia terapkan moderasi beragama

Ma'ruf Amin ajak masyarakat dunia terapkan moderasi beragama guna jaga perdamaian.

Keynote speech dari Wapres Ma'ruf Amin dalam Abu Dhabi Forum for Peace ke-9, Selasa (8/11) (YouTube/Wakil Presiden Republik Indonesia)

Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin, menekankan pentingnya moderasi beragama dalam menjaga perdamaian dunia. Terlebih, di tengah lingkungan strategis global dan regional yang berubah cepat, tantangan dan krisis dunia menuntut banyak negara untuk berkolaborasi dan bekerja sama.

Ma'ruf menilai, upaya moderasi dan toleransi beragama perlu ditekankan pada segenap lapisan masyarakat.

“Solusi manajemen moderasi beragama merupakan instrumen penting dalam mencegah konflik, membangun konsensus, dan menjaga persatuan dan kesatuan suatu bangsa dan tatanan dunia yang damai,” kata Ma'ruf saat menyampaikan pidato kunci dalam Abu Dhabi Forum for Peace ke-9 secara daring, Selasa (8/11).

Terkait hal ini, Ma'ruf mengimbau masyarakat internasional untuk mendorong diplomasi ajaran Islam yang mengedepankan keadilan dan keseimbangan umat. Sehingga, dapat terwujud kehidupan bermasyarakat yang menghadirkan kedamaian, khususnya bagi dunia internasional.

“Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk mempromosikan poros Wasathiyah Islam Dunia, di mana umat Islam membangun etika global (global ethics), saling memahami, saling menghormati, dan saling ketergantungan. Dunia Islam harus bangkit untuk membangun peradaban dunia yang harmonis,” ucap Ma'ruf.