Macet parah hari kedua lebaran, Menhub akui lambat antisipasi

Kemacetan terjadi di sejumlah ruas jalan tol di Jabodetabek.

Sejumlah kendaraan memadati jalur keluar pintol tol Jagorawi, Ciawi, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Kamis (6/6). / Antara Foto

Kepadatan lalu lintas di sejumlah ruas jalan terjadi pada H2 lebaran atau Kamis (6/6). Kemacetan salah satunya terjadi di beberapa ruas jalan tol di Jabodetabek.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebagai operator jalan tol untuk segera berkoordinasi dengan Korlantas Polri mengambil langkah diskresi rekayasa lalu lintas.

“Antisipasinya sedikit terlambat seperti hari ini. Saya sudah tugaskan PT Jasa Marga supaya diskresi itu cepat diambil,” kata Budi di Jakarta, Kamis (6/6).

Budi mengatakan rekayasa lalu lintas yang bisa diberlakukan yakni lawan arus (contra flow) hingga satu arah (one way). Sebab, skema ini dinilai cukup ampuh untuk mengurai kemacetan.

“Begitu ada kemacetan lebih dari 3 kilometer itu langsung contra flow 1 jalur. Jika masih macet lagi akan menggunakan 2 jalur contra flow. Jika masih macet lagi maka akan diberlakukan satu arah (one way)," kata Budi.