Mahfud MD anggap Habib Rizieq bohong sudah lapor ke KBRI Arab Saudi

Menko Polhukam Mahfud MD membantah Habib Rizieq Syihab sudah melapor ke KBRI di Arab Saudi sesuai penuturan dalam video Reuni 212.

Menko Polhukam Mahfud MD membantah Habib Rizieq Syihab sudah melapor ke KBRI di Arab Saudi sesuai penuturan dalam video Reuni 212. Alinea.id/Fadli Mubarok

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membantah pernyataan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Syihab ihwal pengakuannya telah melapor ke Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Arab Saudi.

Mahfud menegaskan, pernyataan Rizieq tidak benar. Menurutnya, tidak ada sedikit pun laporan yang diberikan oleh Rizieq ke Dubes RI untuk Arab Saudi.

"Saya sudah bicara dengan Kedubes. Dia (Rizieq) tidak pernah datang. Dia memang selalu menganggap pemerintah (melakukan tindakan) ilegal," terang Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (2/12).

Kendati demikian, Mahfud membenarkan adanya Ketua Pos Badan Intelijen Negara (BIN) RI untuk Riyadh, Arab Saudi yang mendatangi Rizieq. Akan tetapi, Mahfud menyebut kedatangan tersebut bukan dalam rangka menerima laporan pencekalan.

Dikatakannya, hingga sekarang tidak ada bukti atas pelaporan itu. Jika Rizieq memang melapor, lanjut Mahfud, seharusnya bukti pelaporan telah terlampir jelas.