Maju mundur program rumah DP 0 rupiah

Pemprov DKI Jakarta menilai agenda rilis rumah DP 0 rupiah terlalu dipaksakan.

Pekerja menyelesaikan pembangunan contoh unit rumah DP nol Rupiah di kawasan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (26/2)./ Antarafoto

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta enggan terlibat dalam persemian pembangunan rumah DP 0 rupiah di Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (28/2) kemarin. Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menolak untuk hadir, meski sebelumnya telah mengumumkan akan ikut merilis perumahan tersebut.

PT Nusa Kirana sebagai pengembang pembangunan perumahan tersebut tetap menggelar acara peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan. Government Relations PT Nusa Kirana Dhiky Kurniawan tak mempersoalkan ketidakhadiran Anies atau Sandi di acara ini.

"Enggak ada masalah karena memang bukan program Pemerintah, masih swasta murni. Kalau ada keterlibatan Pemerintah, beliau pasti datang," kata Dhiky kepada Alinea.

Meski demikian, pernyataan Dhiky kontradiksi dengan tema backdrop yang dipajang di sisi panggung. Di backdrop tertulis "Peresmian Lokasi Pembangunan Perumahan DP 0 rupiah Pesona Rorotan Program Provinsi DKI Jakarta".

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengungkapkan, ketidakhadiran dirinya dalam acara tersebut karena belum tercapainya kesepakatan soal harga dan skema pembayaran perumahan yang dibangun.