Masih banyak PNS tidak masuk pascalibur lebaran

Misalkan saja di Banten, 219 pegawai dinyatakan bolos, sedangkan di Jawa Timur 718 pegawai tidak masuk dengan alasan sah.

Aparatur Sipil Negara (ASN) Bagian umum Sekretariat Pemerintah Kota Banda Aceh kembali beraktivitas pada hari pertama masuk kerja di Banda Aceh, Aceh, Senin (10/6)./AntaraFoto

Ternyata masih banyak PNS di sejumlah daerah yang tidak masuk pada hari pertama kerja pascalebaran. Misalkan saja di Banten, 219 pegawai dinyatakan bolos, sedangkan di Jawa Timur 718 pegawai tidak masuk dengan alasan sah.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten mencatat sebanyak 219 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov Banten bolos alias tidak masuk pada hari pertama kerja pascalibur Lebaran 2019.

Kepala BKD Provinsi Banten Komarudin mengatakan ratusan PNS tetap membandel bolos meski sebelumnya sudah dihimbau melalui surat edaran. BKD mencatat dari 3.660 pegawai, sebanyak 373 pegawai tidak mengikuti apel. 154 pegawai terlambat dan 219 pegawai tidak hadir tanpa keterangan.

"Hari pertama kerja, jam 7.30 WIB, setelah apel pagi, kemudian diabsen. Ternyata dari 3.660 pegawai, tidak hadir tanpa keterangan sebanyak 219 pegawai," kata Komarudin saat dikonfirmasi, Senin (10/6).

Ia mengaku tidak mengerti alasan pegawai tetap bolos dan jumlah yang tidak hadir mencapai ratusan. Hingga pukul 10:00 WIB ke 219 pegawai tersebut tak kunjung masuk kerja.