Masih digodok, pemda diminta tak umumkan program vaksinasi Covid-19

Pemprov Jabar telah melakukan simulasi vaksinasi di Kota Depok, Kamis (22/10).

Ilustrasi. Freepik

Pemerintah tengah mematangkan daftar daerah yang menjadi prioritas pelaksanaan program vaksinasi coronavirus baru (Covid-19). Keputusan bakal diambil berdasarkan sejumlah indikator.

"Keputusan tersebut diambil atas dari beberapa variabel, yaitu jumlah penduduk, tingkat kasus aktif, penularan, dan sebagainya yang akan tertuang di dalam roadmap vaksinasi yang informasinya akan terbuka untuk semua masyarakat," ucap Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19), Wiku Adisasmito, dalam telekonferensi, Kamis (22/10).

Dirinya pun meminta pemerintah daerah (pemda) tidak mengeluarkan pengumuman terkait berdasarkan asumsi sepihak. "(Karena) pemerintah pusat belum mengeluarkan secara resmi."

Kendati begitu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) telah mengadakan simulasi vaksinasi. Kegiatan dipusatkan di Puskesmas Tapos, Kota Depok, beberapa saat lalu.

Tak sekadar itu. Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, sebelumnya mengaku, telah mengajukan alokasi 3 juta dosis vaksin Covid-19 bagi warganya, khususnya penduduk Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek).