Warga pilih salat id di masjid ketimbang di rumah

Salat Idulfitri berjemaah di Masjid Tangsel, saf hingga ke jalan raya di Masjid Cirendeu, Tangsel.

Suasana salat idulfitri berjamaah di Masjid Al-Ihsan, Jalan Cirendeu Raya, Tangerang Selatan, Minggu (24/5). Alinea.id/Achmad Al Fiqri.

Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait anjuran salat Idulfitri di rumah tidak diindahkan oleh seluruh umat. Buktinya, salah satu masjid yang ada di Kota Tangerang Selatan masih menyelenggarakan salat Idulfitri 1441 H secara berjemaah. Ini terlihat di Masjid Al-Ihsan, Cirendeu, Tangerang Selatan.

Dari pantauan Alinea.id, jemaah mulai berdatangan ke masjid sejak pukul 06.00 WIB. Hanya berselang 30 menit, saf bagian dalam masjid tak mampu menampung jumlah jemaah yang. Alhasil, jemaah membuat saf hingga memakan satu jalur jalan raya.

Salah satu jemaah bernama Dyan, merasa tak biasa salat id di rumah. Pasalnya, pelaksanaan salat tahunan itu biasa digelar secara berjemaah di masjid.

"Salat Idulfitri di masjid kan sudah jadi budaya kita. Jadi saya ingin salat di sini sih. Karena kalau di rumah kayaknya kurang afdol aja," tutur Dyan, saat ditanya Alinea.id, Minggu (24/5).

Kendati melaksanakan salat berjamaah di masjid, Dyan mengaku telah menerapkan protokol kesehatan sebagaimana anjuran Kementerian Kesehatan atau Kemenkes.