Masyarakat diminta lebih waspada terkait erupsi Gunung Semeru

Pemerintah juga diminta melakukan mitigasi bencana guna mengantisipasi kemungkinan terburuk dari dampak erupsi Gunung Semeru.

Ilustrasi Gunung Semeru. Foto Pixabay.

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, meminta masyarakat lebih waspada terkait erupsi di Gunung Semeru, Jawa Timur. Sejak kemarin (4/12), tercatat Gunung Semeru telah mengeluarkan 13 kali letusan dan gempa yang didominasi oleh awan panas dan letusan.

"Kepada masyarakat tentunya  supaya lebih berhati-hati dan waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi, terutama terhadap masyarakat sekitar Semeru," ujar Dasco di komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (5/12).

Dasco juga meminta agar pemerintah melakukan mitigasi bencana guna mengantisipasi kemungkinan terburuk dari dampak erupsi Gunung Semeru.

"Sedari dini kita siapkan kemungkinan terjelek yang akan terjadi karena kadang- kadang hal-hal yang menyangkut gunung seperti ini susah diprediksi," katanya.

Sebelumnya, Gunung Semeru kembali muntahkan awan panas guguran (APG) pada Minggu (4/12) sejak pukul 02.46 WIB. Erupsi Gunung Semeru ini terjadi bertepatan setelah satu tahun terjadi bencana erupsi Semeru pada 4 Desember 2021 silam.