Jaga jarak kunci utama mencegah penyebaran Covid-19

Masyarakat harus menerapkan prinsip jaga jarak dalam kehidupan sehari-hari.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (26/3). Foto Antara/Dhemas Reviyanto/hp

Jaga jarak dalam kehidupan sehari-hari merupakan kunci utama mencegah penyebaran coronavirus atau Covid-19. Menurut Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, menjaga jarak adalah kunci dasar untuk melakukan pencegahan terhadap penularan.

Karena itu, dia mengimbau, masyarakat dapat menerapkan prinsip jaga jarak dalam kehidupan sehari-hari. "Mari sama-sama kita lakukan ini. Karena ini kunci yang bisa kita gunakan untuk melakukan pencegahan," kata Yuri saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (26/3).

Yuri menegaskan, menjaga jarak ditujukan untuk saling melindungi antara orang yang sehat dan sakit. Sebab, tidak semua orang memiliki imunitas atau daya tahan tubuh sama.

"Kami pahami, tidak semua orang memiliki daya tahan sama. Tidak semua orang memilik imunitas yang sama. Mungkin untuk sebagian saudara kita yang masih muda, daya tahan tubuhnya bagus dan imunitasnya bagus, infeksi virus ini tidak terlalu bermakna," ucapnya.

Mereka ini, kata dia, sangat memungkinkan untuk menularkan kepada orang lain. "Apabila yang tertular adalah orang tua kita, saudara kita yang memang sejak awal memiliki penyakit kronis yang mendahuluinya, maka dampaknya akan menjadi berat dan bisa berkibat fatal," papar Yuri.