Media asing soroti kinerja menkes, anggota Komisi IX DPR anggap wajar

Penilaian Netty terhadap kinerja Terawan itu didasari atas melonjaknya kurva konfirmasi dan kematian akibat Covid-19.

Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani Aher. Dokumentasi DPR

Sorotan negatif dari media asing terhadap kinerja Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan dinilai wajar. Pasalnya, menteri yang berlatar militer itu dianggap belum maksimal dalam menangani Covid-19.

"Saya pikir wajar jika media asing menyoroti Kementerian Kesehatan sebagai pihak yang bertanggung jawab atas buruknya pengelolaan pandemi di Indonesia," ujar anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani Aher, dalam keterangannya, Jumat (25/9).

Penilaian Netty terhadap kinerja Terawan itu didasari atas melonjaknya kurva konfirmasi dan kematian akibat Covid-19, zona merah yang semakin meluas, hingga kedodorannya tenaga dan fasilitas kesehatan dalam menangani pandemi.

Media asing tentunya memiliki landasan fikiran bahwa Menteri Kesehatan harus dijabat oleh orang kuat untuk menangani pandemi, memiliki kewenangan dan otoritas besar, serta didukung anggaran ratusan trilliun rupiah.

"Jadi ada benarnya jika mereka menimpakan beban kesalahan itu pada Menkes dan Kementerian Kesehatan yang dianggap sebagai leading sector," ujarnya.