BNPB siapkan mekanisme penyaluran logistik bantuan gempa Cianjur

Mekanisme pengaturan ini diterapkan agar penyaluran bantuan baik logistik maupun dana dapat berjalan lebih tertib.

Tim gabungan melakukan persiapan pengiriman bantuan kepada masyarakat terdampak di Posko Kantor Bupati Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022). Foto BNPB

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan, pendistribusian logistik bantuan bagi korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, akan disalurkan secara terpusat melalui satu pintu.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menyebut, mekanisme pengaturan ini diterapkan agar penyaluran bantuan baik logistik maupun dana dapat berjalan lebih tertib serta mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses distribusi.

"Semua logistik baik dari pemerintah atau bantuan dari pihak manapun, diharapkan melalui posko utama di depan Pendopo Kantor Bupati Cianjur. Kemudian, logistik akan disimpan di Gudang BPBD," kata Suharyanto dalam keterangan pers, Rabu (23/11).

Suharyanto menjelaskan, setiap harinya pada pagi hari, para camat dari tiap kecamatan terdampak diminta mengajukan daftar kebutuhan yang diperlukan ke posko utama.

Kemudian, pihak Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat maupun Kabupaten Cianjur, serta pihak TNI-Polri, BNPB, dan BPBD akan menyiapkan armada truk untuk mengangkut kebutuhan logistik di tiap-tiap kecamatan.