Menag Yaqut ajak puluhan ribu santri doakan korban gempa Cianjur

Yaqut lantas mengajak puluhan ribu santri yang hadir untuk membacakan surah Al-Fatihah bersama-sama

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengajak puluhan ribu santri mendoakan korban gempa Cianjur dalam pembukaan Pospenas IX tahun 2022 di Solo, Rabu (23/11/2022) malam. Dok. Humas Kemenag

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengajak puluhan ribu santri yang memadati Stadion Manahan Solo mendoakan korban terdampak gempa yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Doa bersama ini berlangsung saat  pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) IX 2022 di Solo, Rabu (23/11) malam.

"Hari ini di tengah kegembiraan kita di pembukaan Pospenas, saudara kita di Cianjur tengah dilanda duka," kata Yaqut dalam sambutannya, dikutip Kamis (24/11).

Yaqut lantas mengajak puluhan ribu santri yang hadir untuk membacakan surah fatihah bersama-sama. Hadir juga dalam kesempatan tersebut yakni Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka bersama putranya Jan Ethes, para Kakanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia, serta Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani beserta jajarannya.

"Oleh karena itu, saya mengajak kepada kita semua untuk melangitkan doa, semoga yang meninggal khusnul khatimah dan yang luka segera disembuhkan. Al-Fatihah," ujar dia.

Yaqut sebelumnya telah menyampaikan ucapan bela sungkawa atas peristiwa yang terjadi. Untuk mendoakan para korban, ia mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama (Kemenag) dan masyarakat muslim Indonesia menggelar salat gaib maupun tahlil.