Saat polisi, TNI, dan Satpol PP "berburu" Covid-19

Tim pemburu Covid-19 mulai rutin menggelar operasi penegakan protokol kesehatan di DKI Jakarta.

Ilustrasi personel tim pemburu Covid-19. Alinea.id/Oky Diaz

Ratusan orang memadati Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (9/12) siang itu. Pengunjung berjubel hampir di setiap pintu masuk. Sebagian besar pengunjung mengenakan masker. Meski begitu, mereka berkerumun tanpa menghiraukan jarak aman satu meter.  

Di luar pasar, sekitar dua puluh petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) DKI Jakarta menggelar patroli keliling. Mereka menegur dan menindak warga yang tidak memakai masker.

"Cegat-cegat itu. Tidak pakai masker. Bawa ke pinggir, catat namanya," teriak salah satu petugas Satpol PP tatkala melihat seorang pengemudi bajaj tidak mengenakan masker.

Pria itu bernama Iwan Siregar. Hari itu, dia bertugas sebagai koordinator lapangan. Suara Iwan semakin lantang manakala menyaksikan sejumlah pedagang kaki lima memadati trotoar di depan pintu masuk Stasiun Tanah Abang. 

Ia bahkan sempat bersitegang dengan seorang pria yang tidak mau dipindahkan. Diancam bakal disita barang dagangannya, pria tersebut akhirnya tak berkutik. Pria paruh baya itu pun beringsut dari hadapan petugas.