Pulihkan ekonomi, Mendagri apresiasi Rakernas XIII Apkasi di Bali

Ini bentuk dukungan program working form Bali dalam upaya pemulihan ekonomi di Bali yang terdampak cukup parah akibat pandemi Covid-19.

Mendagri Tito Karvian menyampaikan pemaparan pada Rakernas XIII Apkasi Tahun 2021 di Badung, Bali. Foto dokumentasi Apkasi.

Sebanyak 114 bupati secara resmi dikukuhkan sebagai Dewan Pengurus Apkasi Masa Bhakti 2021-2026. Pengukuhan tersebut,  disaksikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian didamping Gubernur Bali I Wayan Koster di BNDCC, Badung-Bali, Sabtu (19/6). 

Kegiatan pengukuhan yang bersamaan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIII Apkasi Tahun 2021 berlangsung secara hybrid dengan menerapkan prosedur CHSE (cleanliness, health, safety & environment sustainability) dan protokol kesehatan yang ketat. 

Sesuai aturan organisasi, pengurus Apkasi dikukuhkan oleh Ketua Umum Sutan Riska Tuanku Kerajaan (Bupati Dharmasraya) yang terpilih di Munas V Apkasi 2021 pada 26 Maret 2021 di Jakarta. 

Sutan menerangkan, pemilihan pengurus ini didasari atas upaya mendukung program-program pemerintah, pertimbangan kebutuhan organisasi, keterwakilan wilayah, senior-junio, serta gender. 

Karena itu, dia mengajak, para pengurus untuk menjadikan Apkasi sebagai rumah bersama dalam memperjuangkan aspirasi daerah, saling belajar, dan saling bahu membahu.