Mendagri sarankan pertemuan tiga gubernur selesaikan masalah Papua

"Kalau suasana sedang mereda, segeralah Gubernur Papua dan Gubernur Papua Barat datang ke Jatim, ketemu Ibu khofifah."

Massa berjalan kaki menuju Kantor Gubernur Papua saat melakukan aksi di Jayapura, Senin (19/8)./ Antara Foto

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengimbau Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, datang ke Jawa Timur menemui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Pertemuan ketiganya dinilai penting untuk menurunkan tensi ketegangan terkait pengepungan asrama mahasiswa Papua di Jawa Timur.

"Kalau suasana sedang mereda, segeralah Gubernur Papua dan Gubernur Papua Barat datang ke Jatim, ketemu Ibu Khofifah yang kemarin juga telah minta maaf, walaupun itu tidak atas nama warga jatim," kata Tjahjo saat berada di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (22/8).

Menurutnya, pertemuan tersebut dapat membuka dialog perdamaian di antara warga. Agar lebih efektif, para mahasiswa Papua yang sempat mendapat perlakuan diskriminatif diusulkan turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Menurut Tjahjo, perosalan yang menimpa mahasiwa Papua merupakan persoalan bersama. Karena itu, penyelesaian kasus tersebut menjadi tanggung jawab seluruh pihak.

"Mari kita duduk bersama, selesaikan bersama dengan pikiran yang dinginm dengan hati yang jernih, untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI yang utuh," kata Tjahjo.