Mendikbud kucurkan Rp4,42 triliun untuk Kampus Merdeka

Program Kampus Merdeka diklaim dapat terealisasi pada 1-2 semester usai kegiatan di luar dan dalam kampus.

Mendikbud, Nadiem Makarim. Dokumentasi Kemendikbud

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengajukan anggaran sebesar Rp4,42 triliun untuk Program Kampus Merdeka. Kebijakan itu termasuk dalam kategori rencana kerja pemerintah (RKP) dan kebijakan belanja kementerian/lembaga (K/L) 2021.

"Untuk Kampus Merdeka, ada dana sekitar Rp4,42 triliun yang akan membantu transformasi kampus kita untuk menjadi universitas yang lebih otonom, tetapi juga akuntabel," ujarnya dalam raat kerja bersama Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/9).

Menurutnya, anggaran yang akan digelontorkan ini dapat mewujudkan Kampus Merdeka. "Kenapa merdeka? Karena tidak ada lagi pemaksaan, bahwa harus semua elemen tridarma difokuskan secara serentak dan harus semua seimbang. Itu sebenarnya bukan kemerdekaan dan itu bukan esensi dari tridarma," katanya.

Dia menerangkan, program besar Kampus Merdeka dapat terlaksana pada satu sampai dua semester yang akan dijalankan usai kegiatan di luar dan dalam kampus. Salah satunya, melaksanakan bakti sosial, magang di perusahaan, mengambil sertifikasi, hingga memberikan pelatihan di sekolah-sekolah.

"Sehingga ini menjadi salah satu fokus prioritas program Kampus Merdeka di 2021," ucapnya.