Mengapa bisa terinfeksi Covid-19 usai divaksinasi?

Sejumlah orang terinfeksi Covid-19, walau sudah menerima dua dosis vaksin. Apa penyebabnya?

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Alinea.id/Bagus Priyo.

Suratno—akrab disapa Eno—tak bisa menyembunyikan rasa khawatir dan cemas ketika mengetahui istrinya terkonfirmasi positif Covid-19 pada Sabtu (3/7). Setelah itu, pria yang bekerja sebagai jurnalis di sebuah media online di Jakarta tersebut berinisiatif melakukan tes usap. Hasilnya, ia pun terkonfirmasi positif Covid-19 pada Senin (5/7).

“Sejak istri kena (terpapar virus), saya sudah pakai masker dua lapis dan jaga jarak. Tapi tetap kena. Badan saya menggigil, batuk hebat, dan kesulitan bernapas karena hidung penuh cairan,” ujar Eno saat dihubungi Alinea.id, Senin (5/7).

Eno juga merasakan gejala demam tinggi dan linu. Menurut Eno, istrinya pun mengalami gejala seperti linu, demam, sakit tenggorokan, hilang indra penciuman dan perasa, serta kepala pusing.

Eno menduga, ia dan istri terpapar Covid-19 usai berkumpul keluarga pada Senin (28/6). Sebab, saat itu salah seorang keluarganya ada yang sakit. Pada Rabu (30/6), mereka mengunjungi kerabat pula di Pulo Gebang, Jakarta Timur. Di sana, beberapa kerabatnya pun ada yang sakit.

"Kerabat kami sudah pada bersin-bersin," kata Eno.