Menkes belum bisa pastikan harga vaksin Covid skema mandiri

Pasalnya, harga vaksin di dunia kerap berubah setiap harinya.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kiri) saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/5/2020)/Foto Antara/Galih Pradipta.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, terdapat dua skema pelaksanaan program vaksinasi Covid-19. Pertama, vaksinasi program, dan kedua vaksinasi mandiri.

Pada skema program, beban biaya akan ditanggung pemerintah. Sementara skema mandiri, beban biaya akan ditanggung masyarakat. Kementerian Kesehatan akan menggandeng Kementerian BUMN dalam melaksanaan skema vaksinasi mandiri.

"Dari total 107 juta orang, 75 juta orang di antaranya masuk vaksinasi mandiri dan 35 juta orang masuk program pemerintah," kata Terawan saat rapat kerja bersama Komisi IX DPR yang disiarkan secara virtual, Kamis (10/12).

Terawan menjelaskan, pertimbangan pengelompokan jumlah masyarakat yang masuk dalam skema mandiri merupakan usulan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Menkeu pernah menyampaikan data tingkat kemampuan ekonomi rakyat yang dapat melaksanakan vaksinasi mandiri.

"Waktu itu dasarnya adalah berapa orang yang mampu jumlahnya di Indonesia. Waktu itu oleh Menkeu dikatakan sekitar 78 juta mampu," tutur dia.