Menkes Budi ajak orang tua beri anak imunisasi polio lengkap

Terdapat empat kali imunisasi polio tetes untuk anak usia 1-4 bulan dan dua kali suntik untuk anak usia 4-9 bulan.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, memberikan vaksin tetes polio kepada murid SD di Kabupaten Pidie, Aceh, pada Senin (5/12/2022). Dokumentasi Kemenkes

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, optimistis target 95% anak di Aceh menerima vaksin polio tercapai. Vaksinasi massal ini merupakan respons atas kejadian luar biasa (KLB) di Kabupaten Pidie, Aceh.

"Saya lihat data mana saja, provinsi maupun kabupaten/kota, yang memang cakupan vaksinasi polionya rendah. Provinsi Aceh memang bukan yang paling rendah, tapi termasuk yang rendah," katanya dalam keterangannya, dikutip Selasa (6/12).

Vaksinasi polio secara massal untuk anak-anak ini telah dimulai sejak 28 November 2022. Menkes Budi mengajak para orang tua yang memiliki anak usia 0-12 tahun segera membawa anaknya ke fasilitas pelayanan kesehatan atau pos imunisasi terdekat agar mendapatkan imunisasi polio.

"Pesan saya kepada Bapak/Ibu para orang tua sekalian, pastikan anaknya itu diimunisasi polio lengkap," ujar dia. Terdapat empat kali imunisasi polio tetes untuk anak usia 1-4 bulan dan dua kali suntik untuk anak usia 4-9 bulan.

"Kenapa banyak? Karena tipe virusnya banyak dan itu harus lengkap. Jika tidak lengkap, maka berisiko terkena virus polio tersebut," ucap Menkes Budi.