Menkes laporkan belum temukan mutasi virus dari tiga negara

Menkes Budi Gunadi belum temukan mutasi virus dari tiga negara

Menteri Badan Usaha Milik Negara BUMN Erick Thohir (kanan) saat duduk bersama dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kiri)/Dokumentasi Humas Kementerian BUMN.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi (Menkes) Sadikin menyebut hingga saat ini belum ditemukan varian baru Covid-19 dari Inggris, Afrika Selatan, dan Brazil, di Indonesia.

“Perlu saya laporkan, sampai saat ini, kita belum menemukan. Bukan belum ada yah. Belum menemukan adanya virus mutasi dari tiga negara tersebut yang kita deteksi di lab PCR (polymerase chain reaction),” ucapnya dalam konferensi pers virtual, Sabtu (20/2).

Namun, kata dia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan terus melakukan pemeriksaan untuk melacak keberadaan varian baru Covid-19 dari tiga negara tersebut di Indonesia.

Ia berjanji akan memperbaiki kualitas pelacakan sampling dari lab-lab polymerase chain reaction atau PCR. Juga akan meningkatkan dari segi jumlah sampel yang diperiksa agar dapat mengidentifikasi kasus varian baru Covid-19 tersebut lebih dini.

“Kami akan terus sekarang memperbaiki frekuensi dan kualitas sampling dari lab-lab PCR yang ada untuk memastikan kita cukup rapat. Cukup kecil-kecil jala-jalanya (melacak virusnya) untuk mengidentifikasi dini kalau ada mutasi virus,” tutur Budi.