Menkes siap bantu China atasi coronavirus

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan siap membantu China, baik itu tenaga medis atau alat kesehatan

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) menerima dokumen hasil observasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah selesai menjalani masa observasi usai dievakuasi dari Wuhan, Provinsi Hubei, China dari Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes Budi Sylvana (kedua kanan) di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (15/2/2020). Foto Antara/Muhammad Adimaja/wsj.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan pihaknya siap jika pemerintah Indonesia akhirnya membantu China untuk mengatasi coronavirus (COVID-19) yang mewabah di sana.

"Kami akan siap, apa perintah pak presiden, kami akan siapkan," kata Terawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (15/2).

Bentuk bantuan apa pun, kata Terawan, pihaknya akan menyanggupi, baik itu tenaga medis, atau alat kesehatan.

"Apa saja boleh, tergantung hasil pembicaraannya, kami akan laksanakan. Kami Kementerian membantu pemerintah, apa pun yang ingin disiapkan akan kami siapkan," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menelepon langsung Presiden China Xi Jinping untuk menyampaikan duka atas mewabahnya coronavirus dan menawarkan bantuan menangani coronavirus.