Menkes: Tiga rumah sakit besar kini 100% tangani pasien Covid-19

RSUP Persahabatan, RSUP Fatmawati, dan RSPI Sulianti Saroso memiliki ratusan tempat tidur, fasilitas lengkap, dan nakes berpengalaman. 

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers/Foto Setkab

Penambahan kasus Covid-19 di Indonesia cukup mengkhawatirkan. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memutuskan tiga rumah sakit milik pemerintah pusat kini 100% menangani pasien Covid-19. 

Yakni, RSUP Fatmawati, RSUP Persahabatan, dan RSPI Sulianti Saroso. Kemenkes juga sudah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk persiapan tempat tidur pasien Covid-19. 

"Mengkonversikan tiga rumah sakit besar pemerintah untuk menjadi 100% rumah menangani Covid-19," ujar Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers virtual, Jumat (25/6).

Pertimbangannya, RSUP Persahabatan, RSUP Fatmawati, dan RSPI Sulianti Saroso memiliki ratusan tempat tidur dengan fasilitas lengkap, hingga sudah tersedia tenaga kesehatan (nakes) berpengalaman. 

Selain itu, semua kamar instalasi gawat darurat (IGD) diubah menjadi kamar isolasi dengan perawatan normal. Lalu, tenda-tenda darurat disediakan di luar rumah sakit untuk pelayanan IGD.