Kesalahan pemerintah atas mangkraknya proyek pelabuhan

Menko Kemaritiman Luhut menyebut ratusan proyek pelabuhan mangkrak dan menelan anggaran negara ratusan miliar.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengakui banyak proyek pelabuhan yang tidak jalan dengan semestinya.Alinea/Soraya Novika

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengakui banyak proyek pelabuhan yang tidak jalan dengan semestinya. 

Dalam rapat dengan Badan Anggaran DPR RI pada Senin (9/9), Menko Luhut mendapatkan banyak pertanyaan mengenai proyek pelabuhan yang mangkrak dan tidak berjalan dengan semestinya. Misalnya Pelabuhan Tanjung Adikarto yang proyeknya mangkrak lebih dari sepuluh tahun dan menelan anggaran negara ratusan miliar.

Anggota DPR Fraksi Partai PDIP My Esti Wijayati mencontohkan, Pelabuhan Tanjung Adikarto di Kulon Progo telah menelan biaya hingga ratusan miliar. Bahkan pembangunannya selama 10 tahun disebut tidak ada kemajuannya. 

Menko Luhut pun mengakui proyek pelabuhan yang tidak berjalan baik jumlahnya mencapai ratusan. Persoalan pada Pelabuhan Tanjung Adikarto disebutnya karena perencanaannya kurang baik dan pekerjaannya dinilai tidak terukur. 

Selain itu, ada sejumlah pelabuhan di Padang yang baru dibangun gagal beroperasi karena tidak ada akses jalan ke pelabuhan tersebut. Saat ini, pemerintah disebut sedang membuatkan jalannya.