Menko Muhadjir ungkap 6 variabel kesiapan pemerintah menangani mudik

Fokus pemerintah saat ini adalah pada pengaturan manajemen transportasi baik di tempat pemberangkatan asal, proses perjalanan, hingga tiba.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Foto kemenkopmk.go.id

Mendekati libur Lebaran 2022, pemerintah mematangkan persiapan arus mudik untuk mengantisipasi lonjakan mobilisasi masyarakat. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama K/L terkait melakukan Rapat Koordinasi Tingkat Menteri sebagai persiapan mudik Lebaran 2022. 

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, setelah dua tahun ditiadakan mudik, maka sangat penting untuk tetap memprioritaskan keselamatan dengan melaksanakan pengecekan kelaikan alat transportasi yang akan digunakan serta operatornya.

Terdapat enam variabel yang dapat menentukan kesiapan pemerintah dalam menangani mudik Lebaran 2022 ini. Mulai dari manajemen transportasi hingga penyaluran bansos secara merata. 

"Saat ini, terdapat enam variabel yang menentukan kesiapan kita (pemerintah) dalam menghadapi Mudik 2022 yaitu pengaturan manajemen transportasi baik darat, laut, dan udara, ketersediaan bahan bakar dan bahan pokok, perkembangan Covid-19 dan vaksinasi, serta penyaluran bansos yang sedang dikebut menjelang lebaran," jelas Muhadjir, seperti dilansir dari kemenkopmk.go.id, Sabtu (23/4). 

Fokus pemerintah saat ini adalah pada pengaturan manajemen transportasi baik di tempat pemberangkatan asal, proses perjalanan, hingga tiba ditujuan dengan aman dan sehat.