Menkominfo kirim telepon satelit ke Donggala dan Palu

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara akan mengirimkan 30 unit telepon satelit ke Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara beri bantuan 30 unit telepon seluler, Antara Foto

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara akan mengirimkan 30 unit telepon satelit ke Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, pengiriman puluhan telepon satelit tersebut dilakukan melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI).

"Menteri Kominfo Rudiantara telah menugaskan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) untuk mengirimkan 30 unit telepon satelit guna mendukung koordinasi penanganan bencana di Donggala dan sekitarnya," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Jumat,(28/9) malam.

Menurut Ferdinandus pengiriman telepon satelit tersebut dipastikan pada Sabtu (29/9) pagi telah sampai di lokasi gempa. Sembari menanti distribusi telepon satelit tersebut, Ferdinandus akan memantau arus komunikasi di sana.

Pasalnya, menurut Ferdinandus, pada pukul 18.00 WIB, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika melaporkan sedikitnya ada 276 base transceiver station (BTS) yang tidak bisa digunakan.