Menteri PPPA curiga pejabat negara terlibat perdagangan manusia

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise mencurigai adanya peran mafia dalam kasus human trafficking.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise mencurigai adanya peran mafia dalam kasus human trafficking. Alinea.id/Fadli Mubarok

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Susana Yembise mencurigai adanya peran mafia dalam kasus human trafficking. Hal tersebut diungkapkannya, lantaran hingga sekarang kasus tersebut belum dapat ditangani secara optimal.

Menurut Yohana, mafia yang turut andil bukan hanya mafia skala internasional, melainkan nasional. Para mafia tersebut, dikatakannya, kerap kali merekayasa data pribadinya dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Misal dengan memanipulasi umur. Sebab, rekayasa data di KTP bisa terjadi karena ada uang yang dijanjikan," tegas Yohana dalam diskusi di kantor KPAI, Selasa (9/7).

Bagi Yohana, semuanya seperti telah terorganisir dengan sangat rapi. Hal tersebut membuat para stakeholder, lembaga, kedutaan, kementerian terkait kesulitan untuk menangkalnya.

Hal yang paling parah, sambung Yohana, banyak elemen yang bermain. Elemen-elemen tersebut bukan hanya sekadar masyarakat biasa, melainkan para pejabat negara.