Mimpi Prabowo bikin pesawat tempur teknologi tinggi gandeng Korea

Proyek pembuatan pesawat tempur berteknologi tinggi bekerja sama dengan Korea Selatan sudah direncanakan sejak lama.

Proyek pembuatan pesawat tempur berteknologi tinggi bekerja sama dengan Korea Selatan sudah direncanakan sejak lama. / Pixabay

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) mulai memperhitungkan pentingnya merealisasikan proyek kerja sama pesawat tempur Korean Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Xperiment (KFX/IFX) yang telah mulai digaungkan sejak beberapa tahun lalu.

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Wahyu Sakti Trenggono, mengatakan Kemenhan di bawah kepemimpinan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto tengah mengkaji ulang pentingnya pengadaan pesawat tempur berteknologi tinggi di Tanah Air.

“Khusus KFX/IFX itu kami sedang dalami lah, kami pelajari. Sebetulnya manfaatnya, kita dapat apa juga, itu kan penting. Karena itu kan teknologi tinggi,” kata Trenggono di kantor Kemenhan, Jakarta Pusat, Selasa (5/11).

Kendati demikian, Trenggono tidak menjelaskan hal-hal apa yang membuat semua itu penting untuk direaliaasikan. Namun demikian, ia mengatakan hal tersebut agar Indonesia bisa dipandang menjadi negara yang lebih kuat. 

Kajian demi kajian tengah dilakukan. Misalnya ihwal pengadaan, biaya kerja sama, serta level kemampuan operasionalnya. Ia menegaskan, semua itu perlu didalami lagi secara teliti.