Minggu besok car free day kembali digelar, catat titiknya

Pelaksanaan CFD hanya akan berlangsung selama tiga jam mulai pukul 06.00-09.00 WIB.

Pengguna sepeda lipat beraktivitas di arena CFD di Bundaran HI, DKI Jakarta. Foto Antara/Indrianto Eko Suwarso.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor alias car free day (CFD), Minggu (5/7). 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan CFD akan digelar di 32 titik untuk mendorong kegiatan bersepeda. Selain itu, kegiatan ini juga untuk melatih warga agar membiasakan diri menjaga protokol kesehatan di ruang publik.

"Masyarakat bisa mengoptimalkan waktu di ruang publik ini untuk berolahraga sekaligus melatih untuk menerapkan protokol kesehatan secara kolektif. Jika kebisaan individu tadi dilatih jadi kebiasaan kolektif, inilah yang diharapakan menjadi tradisi baru," kata Syafrin, Jakarta, Sabtu (4/7).

Pada kegiatan tersebut, kata Syafrin, akan diterjunkan kurang lebih 2.000 personel gabungan yang terdiri dari aparat kepolisian, TNI, Satpol PP DKI, dan Dishub DKI Jakarta. Personel di lapangan bertugas mengawasi penerapan protokol kesehatan selama kegiatan olahraga tersebut berlangsung.

Pelaksanaan CFD hanya akan berlangsung selama tiga jam mulai pukul 06.00-09.00 WIB pada 32 lokasi di lima wilayah kota administrasi Jakarta. Ruas-ruas jalan yang menjadi lokasi bersepeda ditutup dari kendaraan bermotor. Berikut rincian wilayahnya: