Misi di balik kemunculan Riza Chalid di acara NasDem

Riza Chalid diduga tengah berusaha membangun kembali kekuasaan di sektor migas.

Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) didampingi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kedua kiri) dan Gubernur Akademi Bela Negara Partai Nasdem, IGK Manila (kiri) menyapa peserta seusai memberikan kuliah umum kepada peserta pendidikan bela negara Akademi Bela Negara Partai NasDem Angkatan II di Jakarta, Senin (16/7)./ Antara Foto

Kemunculan taipan minyak Riza Chalid saat kuliah umum Presiden Joko Widodo dalam acara Akademi Bela Negara NasDem, sempat menjadi polemik di masyarakat. 

Sebab penyelesaian kasus "Papa Minta Saham" yang melibatkan dirinya belum benar-benar tuntas. Pengusaha raja minyak itu bahkan sempat mencatut nama Jokowi untuk kepentingannya.

Kadiv Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean mengatakan bahwa presiden sempat marah-marah dalam kasus pencatutan namanya. Bahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla memerintahkan Kepolisian untuk mencari mencari Riza Chalid. 

"Yang jelas beliau marah saat itu, sehingga presiden memerintahkan untuk mengusut pencatutan namanya. Jokowi kita tahu orang yang bersih dari berita suap dan mudah-mudahan beliau orang yang benar-benar bersih dari korupsi," kata Ferdinand dalam diskusi "Menyoal Kembalinya Eiza Chalid ke Panggung Politik, Sang Raja Minyak Kembali Lagi?" di Kedai Kopi Perjoeangan, Jalan Proklamasi, Jakarta (24/7).

Namun Riza kemudian buron dan tidak ditemukan, hingga akhirnya muncul dengan sendirinya pada acara salah satu partai pendukung pemerintah, yang juga dihadiri langsung oleh Jokowi.