MPBI peringati Hari Buruh dengan aksi sosial

Aksi perayaan yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya tidak mengurangi sakralnya May Day.

Sejumlah pekerja mengikuti rapid test atau pemeriksaan cepat COVID-19 di Aula Serba Guna Kementerian Tenaga Kerja, Jakarta, Jumat (1/5).Foto Antara/M Risyal Hidayat/pras.

Serikat buruh di Jabodetabek yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) merayakan Hari Buruh dengan melakukan aksi sosial. Hal itu dilakukan sebagai bentuk keprihatinan buruh terhadap pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mengatakan bahwa aksi May Day pada Jumat (1/5) dilakukan dengan cara memberikan bantuan ribuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada tenaga medis di rumah sakit.

"Bentuk aksi sosial yang dilakukan adalah dengan memberikan ribuan APD standar untuk tenaga medis ke beberapa rumah sakit di Jabodetabek," kata Andi saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Jum'at (1/5).

KSPSI melakukan aksi sosial tersebut di tiga rumah sakit di Jabodetabek, yaitu Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta Pusat, Rumah Sakit Annisa di Cikarang dan RSUD Balaraja di Tangerang.

Andi mengaku ikut memberikan langsung bantuan tersebut ke RSUD Balaraja, Tangerang. Kata dia, di tengah keprihatinan bangsa menghadapi wabah corona, buruh sengaja tidak menggelar aksi unjuk rasa dan menggantinya dengan aksi sosial.