Mungkinkah granat asap bikin 2 anggota TNI terluka?

"Tapi apa pun granatnya, flashbang, CS, atau WP, karena meledak di genggaman, kemungkinan jari putus sih sangat mungkin."

Anggota Gegana Brimob Polri berjaga di sekitar TKP ledakan di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (3/12)./ Antara Foto

Aparat menyatakan ledakan yang terjadi di area Monumen Nasional pagi tadi berasal dari granat asap. Dua orang anggota TNI terluka akibat ledakan ini.

Sebagian orang mungkin beranggapan granat asap tidak akan menimbulkan ledakan, bahkan menyebabkan luka. Hal ini lantaran granat asap kerap digunakan untuk mengaburkan pandangan, atau menandai suatu titik target atau sasaran. 

Belakangan, ada juga sejenis granat asap yang digunakan untuk keperluan fotografi. Lazimnya yang digunakan adalah asap yang berwarna-warni. 

Pengamat alat utama sistem senjata atau alutsista Aryo Nugroho mengatakan, granat asap mungkin menimbulkan luka saat terjadi kontak dengan pemantik. Dia menyebut kemungkinan granat tersebut adalah jenis granat WP.

"Tipe granat asap seperti ini biasa dikenal dengan bursting type, memang bisa menimbulkan luka bakar kalau kontak langsung saat terpantik. Setidaknya butuh foto selongsongnya supaya bisa diidentifikasi jenisnya," kata Aryo saat dihubungi jurnalis Alinea.id, Selasa (3/12).