Muskil target pemerintah di tengah ketimpangan vaksinasi Covid-19

Pemerintah menargetkan 300 juta dosis vaksin Covid-19 bisa tercapai di akhir 2021. Mungkinkah?

Ilustrasi warga menerma vaksin Covid-19. Alinea.id/Aisya Kurnia.

Pesan singkat jadwal vaksinasi Covid-19 dosis kedua tiba di telepon genggam Yogi Dwi Prasetyo pada Kamis (23/9). Namun, ia tak bisa memenuhi undangan suntik dosis kedua di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Prima Medika, Tangerang Selatan itu lantaran ada pekerjaan yang tak dapat ditinggalkan.

Yogi lalu meminta penjadwalan ulang lewat aplikasi WhatsApp. Akan tetapi, tak ada respons. Ia pun tak mencoba mendatangi rumah sakit tempat vaksinasi.

“Buat apa? Takutnya, ketika datang ke sana tidak ada vaksin kedua saya. Jadi, buang-buang waktu,” ujarnya ketika berbincang dengan Alinea.id di Tangerang Selatan, Rabu (10/11).

Pria berusia 26 tahun yang bekerja sebagai kurir ini jelas kecewa. “Kalau enggak bisa dijadwal ulang, kan bisa kasih informasi fasilitas kesehatan mana saja di Tangerang Selatan yang buka dosis kedua vaksin Moderna,” kata dia.

Yogi lantas berusaha mencari informasi di internet soal tempat dan jadwal vaksinasi Covid-19 dosis kedua. Akhirnya, ia mendapatkannya lewat aplikasi Jakarta Kini (JAKI). Ia pun memperoleh suntikan dosis kedua di Puskesmas Kelurahan Cideng, Jakarta Pusat, yang jaraknya sekitar 20,5 kilometer dari kediamannya.