Nadiem Makarim kaji hapus ujian nasional, Gerindra: Mending urus guru honorer

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim tengah mengkaji penghapusan ujian nasional (UN) bagi pelajar.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim tengah mengkaji penghapusan ujian nasional (UN) bagi pelajar. / Antara Foto

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim tengah mengkaji penghapusan ujian nasional (UN) bagi pelajar.

Anggota Komisi X DPR Fraksi Gerindra Ali Zamroni mengkritisi wacana penghapusan ujian nasional karena mengaburkan banyak persoalan yang harus diatasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, seperti kesejahteraan guru dan mutu kualitas pendidikan.

"Masih banyak permasalahan pendidikan yang harus Mendikbud kejar dan prioritaskan. Contohnya soal kesejahteraan guru, nasib guru honorer, akses pendidikan, mutu kualitas pendidikan yang merata dan lain sebagainya," kata Ali di Jakarta, Jumat (29/11).

Dia menilai UN jangan dijadikan "hantu pendidikan" yang luar biasa. Sebab, isu menghapus ujian nasional yang difokuskan Kemendikbud seakan menjadi hal yang ditunggu-tunggu sehingga dianggap sebagai prestasi jempolan Menteri Nadiem Makarim.

Ali mengatakan kalau hanya ingin menghapus UN tentunya mudah. Namun, dia menyarankan agar diberikan beberapa kajian alternatif, misalkan uji kompetensi siswa di berbagai bidang.