Naskah asli proklamasi akan ditampilkan saat upacara di Istana

Dokumen bersejarah tersebut akan diserahkan kembali kepada ANRI pada 18 Agustus 2020, untuk mendapatkan penyimpanan dan perawatan terbaik.

Suasana Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 tahun 2019, di Istana Merdeka, Jakarta/ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.

Naskah asli teks proklamasi bertulis tangan Proklamator Ir. Soekarno akan dihadirkan dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8). 

Sekretariat Presiden dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), melakukan serah terima arsip bersejarah tersebut, Minggu (16/8), untuk ditampilkan di mimbar kehormatan saat upacara berlangsung di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

"Hari ini kita saksikan bersama satu lagi perjalanan bangsa Indonesia, bahwa ANRI yang telah menyimpan, merawat, dan menyelamatkan arsip negara berupa tulisan tangan Bapak Ir. Soekarno mengenai pernyataan proklamasi pada saat ini diserahkan kepada kami, Sekretariat Presiden, untuk bersama-sama besok kita tampilkan di mimbar kehormatan," kata Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Rika Kiswardani, di Gedung O, ANRI, Jakarta Selatan, Minggu (16/8).

Setelah dilakukan serah terima, naskah asli teks proklamasi tersebut akan dibawa dari depot penyimpanan arsip statis ANRI menuju Istana oleh Sekretariat Presiden.

Proses serah terima dilakukan oleh Direktur Preservasi, Deputi Konservasi Arsip ANRI, Kandar, kepada Kepala Biro Umum, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Yudhi Wijayanto, dengan turut disaksikan oleh di antaranya Plt. Kepala ANRI Taufik, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani, dan Plt. Deputi Konservasi Arsip ANRI Multi Siswati.