Presiden Jokowi minta negara berkembang diberdayakan dalam rantai kesehatan global

Jokowi mengungkapkan, kondisi tersebut hanya bisa terjadi jika investasi industri kesehatan ditingkatkan.

Industri hilirisasi jadi isu utama KTT G20. Ilustrasi Ist

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka kembali sesi pertemuan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 hari pertama yang berlangsung di The Apurva Kempinski, Bali, Selasa (15/11).

Sesi kedua pertemuan ini membahas soal isu kesehatan. Jokowi dalam sambutan pembukaan menyebut, negara berkembang harus diberdayakan sebagai bagian dari solusi atas isu kesehatan global.

"Negara berkembang perlu kemitraan yang memberdayakan. Negara berkembang harus menjadi bagian dari rantai pasok kesehatan global, termasuk pusat manufaktur dan riset," kata Jokowi saat membuka pertemuan.

Jokowi mengungkapkan, kondisi tersebut hanya bisa terjadi jika investasi industri kesehatan ditingkatkan. Selain itu, memperkuat kerja sama riset dan transfer teknologi, serta memperluas akses bahan baku produksi untuk negara berkembang.

"Selain itu, TRIPS Waiver harus diperluas pada semua solusi kesehatan termasuk diagnostik dan terapeutik. WHO juga harus merealisasikan komitmennya terkait hubs dan spokes solusi kesehatan," ujarnya.