Obat Covid-19 bagi pasien isoman kini dapat diambil langsung di apotek Kimia Farma

Ini merupakan pembaruan layanan telemedisin gratis dari Kemenkes bagi pasien positif Covid-19.

Ilustrasi pasien positif Covid-19 menjalani isoman. Alinea.id/Oky Diaz

Telemedisin bagi pasien positif Covid-19 yang menjalankan isolasi mandiri (isoman) masih tersedia sampai kini. Obat gratis yang disediakan pun dapat diambil langsung ke apotek Kimia Farma.

Hal ini merupakan pembaruan layanan telemedisin gratis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bagi pasien positif Covid-19 yang sedang isoman. Obat gratis dapat diambil keluarga atau kerabat pasien tanpa menunggu pengiriman.

"Layanan isomannya masih ada bahkan semua obat sudah bisa diambil langsung ke apotek Kimia Farma yang sudah ditentukan," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, dalam keterangan resmi, dikutip Senin (7/11).

Nadia menjelaskan, pasien yang melakukan isoman dapat menghubungi layanan WhatsApp Kemenkes di nomor 081110500567 untuk mendapatkan layanan telemedisin. Layanan gratis ini dapat diakses bagi yang melakukan tes PCR/antigen di laboratorium yang terafiliasi Kemenkes.

Hasil pemeriksaan pasien yang terkonfirmasi positif akan dilaporkan laboratorium ke pangkalan data (database) kasus positif Covid-19 di Kemenkes (NAR). Kemudian, pesan WhatsApp dari akun resmi Kemenkes bakal dikirimkan secara otomatis soal status pasien atau tertera sebagai pasien yang memenuhi syarat untuk menebus resep di situs web isoman.