PT JKI edarkan obat palsu ke sejumlah apotek

"Ada 197 apotek yang menjadi pelanggan tetap PT JKI ini."

Polisi menunjukkan tersangka pemilik PT JKI Alphons Frizgerald Arif Prayitno beserta obat-obat palsu yang diproduski pabriknya, Senin (22/7). Alinea.id/Ayu Mumpuni

Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipider) Bareskrim Polri menangkap pemilik pabrik pemalsu obat di Semarang bernama Alphons Frizgerald Arif Prayitno. Pabrik PT Jaya Karunia Investondo (JKI), Semarang, Jawa Tengah, miliknya mengedarkan beragam obat palsu ke berbagai apotek.

"Ada 197 apotek yang menjadi pelanggan tetap PT JKI ini," kata Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Pol Fadil Imran di Bareskrim Polri, Senin (22/7).

Menurutnya, obat-obatan palsu tersebut didistribusikan ke apotek resmi maupun apotek rumahan. Saat ini, polisi baru mendeteksi dua wilayah yang menjadi lokasi keberadaan apotek-apotek tersebut, yaitu Jakarta dan Semarang.

“Terkait dengan peredarannya di apotek, tersangka mendistribusikan juga obat benar, tapi dia juga mendistribusikan obat yang dikemas ulang. Obat benar itu untuk menutupi adanya obat yang dikemas ulang,” ucap Fadil.

Polisi telah menetapkan Alphons Frizgerald Arif Prayitno sebagai tersangka dalam kasus ini. Penyidik juga telah melakukan penahanan terhadapnya.