Oksigen langka, PKS: Pertamina harus hadir di tengah masyarakat

Pertamina harus proaktif dan sigap membantu masyarakat yang menderita karena kekurangan pasokan gas oksigen.

logo Pertamina. Foto istimewa

Politikus PKS Mulyanto meminta pemerintah memperhatikan pasokan oksigen di rumah sakit. Karena itu, harus ada kebijakan khusus bagi rumah sakit mendapatkan prioritas utama. 

Menurut dia, kecukupan oksigen agar peristiwa meninggalnya 36 pasien di RSUP. dr. Sardjito tidak terulang. "PKS mendesak Pertamina melalui anak cabang maupun cucu perusahaan yang berkompeten dalam niaga gas untuk membantu kelangkaan gas oksigen tersebut," kata Mulyanto dalam keterangannya, Senin (5/7).

Dia menilai, di tengah meningkatnya kasus pandemi Covid-19 gelombang kedua, banyak rumah sakit yang kekurangan tabung dan isi gas oksigen. Akibatnya, muncul banyak kasus fatal pada pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen.

Mulyanto menegaskan, dalam kondisi seperti sekarang selayaknya Pertamina proaktif dan sigap membantu masyarakat yang menderita karena kekurangan pasokan gas oksigen tersebut. 

Hal ini, menurutnya, penting agar masyarakat tidak hanya disuguhkan berita-berita negatif tentang Pertamina, namun juga dapat melihat kepedulian perusahaan plat merah itu di tengah penderitaan mereka saat ini.