Operasi Lilin 2020: Siasat Polri menjaga Nataru aman dari Covid-19

Polri menerjunkan sekitar 123 ribu personel gabungan untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

Ilustrasi Operasi Lilin 2020. Alinea.id/Oky Diaz

Didampingi sejumlah petinggi Polri, Wakapolri Komjen Polri Gatot Eddy Pramono meninjau pengamanan libur Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru) di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (24/11). Berangkat dari Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, menggunakan helikopter, Gatot menyaksikan langsung arus kendaraan dari dan ke Pelabuhan Merak. 

"Mengecek kesiapan anggota dalam kegiatan pengamanannya. Apakah sudah dilaksanakan apa belum dan juga kesiapan alat dari yang dimilikinya. Kalau saya melihat di udara, arus lalu lintas di jalan tol masih normal-normal saja," kata Gatot dalam siaran pers yang diterima Alinea.id

Menurut Gatot, puncak arus mudik libur Natal sudah terjadi pada 19 Desember 2020. Ketika itu, terjadi kenaikan jumlah kendaraan, baik pribadi maupun bus, yang keluar dari Pelabuhan Merak. Namun, jumlah penumpang yang keluar dari pelabuhan Merak menurun jika dibanding tahun lalu.

"Hari ini khususnya juga tidak terlalu tinggi. Kalau menurut keterangan manajer, puncak arus mudik kemarin itu ada pada tanggal 19 Desember, memang ada peningkatan jumlah kendaraan pribadi dan truk. Itu peningkatan 59%. Tetapi, jumlah orangnya mengalami penurunan dibanding tahun lalu sebanyak 66%," ujarnya.

Kunjungan Gatot ke Pelabuhan Merak untuk memastikan kesiapan personel Polri dalam Operasi Lilin 2020. Resmi dimulai pada 21 Desember lalu, operasi ini bakal digelar hingga 4 Januari 2021. Tak hanya memastikan kelancaran arus mudik dan arus balik, operasi kali ini juga bertujuan untuk menekan angka penularan Covid-19 selama libur Nataru.